Minggu, 29 Januari 2012

Ciri Haji Mabrur


 Umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji selalumenaruh harapan agar menjadi haji mabrur. Demikian pula halnya dengan keluarga,kerabat dan handai taulan yang ditinggalkan, mereka pun mengucap doa yang sama,semoga yang berangkat haji menjadi haji mabrur.

Menjadi haji mabrur adalah derajat tertinggi bagi yangmelaksanakan ibadah haji semata-mata karena Allah. Dan, Allah sudah menjanjikansurga bagi umatnya yang dapat menjadi haji mabrur.

Berhaji memang diwajibkan bagi umat muslim yang mampu.Berhaji sekali adalah wajib. Sedangkan menunaikan ibadah haji yang kedua,ketiga, dan seterusnya adalah ibadah sunnah. Nabi Muhammad SAW bahkan hanyamenunaikan ibadah haji satu kali saja.

Adakah ciri seseorang sudah mencapai tingkatan haji Mabrur?

Mengenai hal itu, secara kasat mata tidak ada ciri yang menandakanapakah seseorang sudah mencapai tingkatan haji mabrur atau tidak. Sebab, halitu adalah penilaian yang sepenuhnya dilakukan oleh Alloh semata. Hanya Allohyang bisa mengukur kesungguhan niat seseorang saat menunaikan kewajibanberhaji.

Kita sebagai manusia biasa hanya bisa menilai dari perilaku,tindak-tanduk, amal ibadah, dan ucapan dari orang yang sudah berhaji tersebut.Bila setelah menunaikan ibadah haji beliau menjadi tebih takwa, lebih baik carahidupnya maka Insya Alloh –dan lewat doa kita- beliau menjadi haji yang mabrur.

Sebaliknya, apabila seorang muslim tak menampakkan perubahanberarti dalam beribadah, berperilaku, dan beramal sepulang dari menunaikanibadah haji, maka sungguh disayangkan. Kemungkinan besar dia jauh daritingkatan seorang haji mabrur.

Untuk itu, hendaknya hal pertama dan utama yang wajibdiingat dan diperhatikan seorang muslim untuk meraih haji mabrur adalahmeniatkan hajinya. Katan secara sungguh-sungguh: Ibadah saya ini semata-matakarena Allah, bukan karena tujuan lain! Jauhkan dan hilangkan sama sekaliperasaan riya’ (ingin dilihat orang) dan sum'ah (ingin menjadi buah bibirorang).

Jadi, seorang haji mabrur adalah seseorang yang jauh menjadilebih baik setelah menunaikan ibadah haji. Lebih tekun dalam menjalin hubunganvertikal, dan lebih baik dalam membangun hubungan horisontal.

[ayb@2012]

=====ONH Plus, Umrah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi Kami:

Kantor : Gedung twink Lt 3, Jl Kapten Tendean no. 82, Mampang Prapatan Jakarta Selatan
Telp: 021-73888872/021-70692409

Email : cheriatna@gmail.com




Entri Populer

Info Haji

Biro Travel Haji Plus dan Umroh Prima Saidah